Penyambutan Adat Tradisi Poponikan Kon Komalig Moloben untuk Pj. Wali Kota Abdullah Mokoginta

ONLINEBRITA.COM, KOTAMOBAGU –  Rumah Dinas Wali Kota Kotamobagu menjadi saksi dari sebuah prosesi adat yang sakral dan penuh tradisi, yaitu Prosesi Adat Poponikan Kon Komalig Moloben. Acara ini digelar untuk menyambut Penjabat Wali Kota Kotamobagu, Abdullah Mokoginta, M.Si, bersama istri, Ny. Suzanna Mokoginta Mooduto, S.H., dan keluarga. Rabu, 14 Agustus 2024,

Prosesi adat ini dimulai dengan kedatangan Tua Adat dari Komalig Moloben yang secara resmi menyatakan kesiapan untuk menerima kedatangan Pj. Wali Kota dan keluarganya di Komalig Moloben. Saat tiba di halaman, mereka disambut oleh Nanu dan Uyo’ Kotamobagu, yang secara simbolis mengalungkan bunga sebagai tanda penghormatan.

Selanjutnya, Pj. Wali Kota dan keluarga mengikuti rangkaian prosesi adat yang diawali dengan Itum-Itum dan Tari Tuitan, menuju depan Komalig Moloben. Di sana, mereka disambut dengan hangat oleh Tua Adat Komalig Moloben dan empat Panggulu, pemangku adat dari empat wilayah di Kota Kotamobagu.

Momen penuh kehormatan terjadi saat Pj. Wali Kota dan keluarga menaiki Tolatak Sinontanday, tangga adat kebesaran yang menjadi simbol kemuliaan, sebelum akhirnya memasuki Komalig Moloben. Seluruh prosesi ditutup dengan Mintahang atau doa syukuran, menandai awal yang penuh berkah bagi Pj. Wali Kota dalam tugasnya memimpin Kotamobagu. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *