Jelang Kedatangan Paus Fransiskus ke Jakarta, PLN Pastikan Pasokan Listrik Aman

ONLINEBRITA.COM, JAKARTA – PT PLN (Persero) memastikan keandalan listrik empat hari jelang kunjungan kenegaraan pimpinan tertinggi umat katolik yakni Paus Fransiskus ke Jakarta. Selain itu, listrik juga dipastikan siap untuk agenda Indonesia International Sustainability Forum (ISF) yang terlaksana bertepatan dengan kunjungan Paus Fransiskus.
General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Lasiran, mengatakan menyiapkan berbagai hal. Mulai dari memastikan neraca daya listrik dalam kondisi aman sampai menyiagakan 496 personel yang bersiaga 24 jam.

“Kita juga siapkan personel mengamankan tim-tim kunjungan dari kendaraan ada di JCC, Kedutaan Vatikan, Hotel Fairmont dan tempat-tempat lain termasuk istana negara kita amankan,” kata Lasiran dalam agenda ‘Apel Siaga Kunjungan Kenegaraan Paus Fransiskus dan ISF 2024’ di Gereja Katedral Jakarta, Jakarta Pusat, Jumat (30/8/2024)/

Lasiran kemudian merinci total 496 personel itu terdiri dari 164 pegawai, 10 Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), dan 322 tenaga ahli daya. Sementara fasilitas yang disiapkan adalah 33 Uninteruptible Power Supply (UPS), 10 Unit Gardu Bergerak (UGB), 22 genset, dan lima deteksi.

Baca juga:
Singapura Bakal Nikmati Listrik dari RI
Di wilayah Jakarta sendiri, Lasiran menjelaskan bahwa total daya mampu listrik mencapai 8.919 Megawatt (MW), dengan beban puncak 5.882 MW, serta daya cadangan 3.037 MW atau sekitar 34,05%. Karena sistem Jakarta sifat integrated, sumber listrik ibu kota sendiri berasal dari berbagai subsistem seperti Bekasi, Jawa Barat, dan berbagai daerah lain.

ADVERTISEMENT

Ads end in 01:18

X
“Pembangkitnya juga masuk dari Jawa Tengah dan Banten karena interkoneksi,” tuturnya.

Dengan berbagai hal tersebut, Larisan mengatakan PLN siap menyambut Paus Fransiskus mulai dari 3-6 September serta agenda ISF pada 5-6 September. “Kita pastikan (keandalan listrik PLN, mohon doanya agar bisa lancar saat kunjungan dan agenda yang ada,” jelasnya.

Sementara Pastor Kepala Gereja Katedral Jakarta, yang diwakili oleh Romo Yohanes Deodatus, menyambut baik upaya yang dilakukan PLN. Dia mengatakan Gereja Katedral Jakarta juga siap menyambut Paus Fransiskus.

“Untuk acara di katedral sudah siap 90%. Ini baru saja kedatangan dari Vatikan untuk memastikan keamanan dan segalanya, di Katedral sendiri acara sudah kita siapkan,” pungkasnya.(*/)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *