Edwin Roring : Bidang Pendidikan Tomohon Sudah On The Track

Foto: Sekdakot Tomohon Edwin Roring SE ME membuka kegiatan Lokakarya Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

Online Brita.com, Tomohon – Walikota Tomohon diwakili Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring SE ME menghadiri Kegiatan Lokakarya Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), di AAB Guest House Tomohon, Rabu (17/07/2024).

Sambutan Walikota Tomohon oleh Sekretaris Daerah Kota Tomohon menegaskan, Kurikulum Merdeka merupakan langkah maju dalam dunia Pendidikan Indonesia.

“Menekankan pada kebebasan belajar, inovasi, dan pengembangan potensi siswa secara maksimal dalam kurikulum ini,” kata Roring.

Bahkan, memberikan keleluasaan Guru untuk mengembangkan metode pengajaran yang kreatif dan relevan dengan kebutuhan siswa, sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan bermakna.

“Kita sekarang berada di jaman Era Digitalisasi, sebagai Guru harus menyesuaikan dengan era digitalisasi ini. Saat ini Tomohon dalam bidang Pendidikan sudah On the track,” tegasnya.

Dikatakan Roring, peran serta bapak/ibu dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka sangatlah penting.

“Jadi, Guru bukan hanya sebagai Pengajar, tetapi juga sebagai fasilitator, motivator, dan inspirator bagi siswa,” terangnya.

Dengan memahami dan menerapkan kurikulum ini, kita dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis, interaktif, dan berpusat pada siswa.

“Tujuan dari merdeka belajar adalah mendapatkan kualitas Pendidikan atau Mutu Pendidikan yang tinggi bagi peserta didik,” tandas Roring.

Ia pun menambahkan, Pemerintah Kota Tomohon mendukung penuh Implementasi Kurikulum Merdeka yang kreatf dan inovatif.

“Melalui lokakarya ini, kami berharap bapak/ibu Guru memperoleh pemahaman lebih mendalam tentang kurikulum ini, serta keterampilan praktis yang diperlukan untuk mengimplementasikannya di sekolah masing-masing,” tukasnya.

Kami juga berkomitmen untuk terus menyediakan Sarana dan Prasarana pendukung serta berbagai program pelatihan untuk meningkatkan kompetensi para Guru.

“Ada dua hal yang ingin saya ingatkan, yang pertama adalah Loyalitas, kita definisikan Loyalitas adalah peleburan mental antara pemimpin dan yang di pimpin,” ungkapnya.

Dia juga berharap, para ASN jaga Loyalitas dan yang Kedua adalah Intergritas itu termasuk kejujuran dan ketulusan. “Kalau kita mampu mengembangkan ini intergritas kita pasti terjaga,” pungkasnya.

Kesempatan itu, Sekretaris Daerah Kota Tomohon secara resmi membuka kegiatan tersebut.

Dihadiri, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tomohon Dr Juliana Dolvin Karwur MKes MSi, Sekdis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tomohon Simon Kilis SPd, Para Kepsek dan Para Guru Se-Tomohon sebagai Peserta kegiatan IKM.(*/jp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *