Menatap Pilkada Sulut 2024, Pengamat: Dr Jan Maringka Sosok Pemimpin Visioner dan Berkarakter

Foto: Dr Jan S Maringka SH MH dan Prof Ir Alex Masengi MSc PhD

Onlinebrita.com, Sulut – Jelang perhelatan Politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 27 November mendatang, sejumlah Parpol di Sulawesi Utara tampak mulai mempersiapkan para Kandidat bakal Calon Gubernur dan Wàkil Gubernur yang akan diusung.

Beberapa Nama yang mencuat mewarnai kontestasi Politik di Sulut, kini terus bersosialisasi mengejar peluang meraih tiket untuk maju bertarung pada perhelatan Politik Pilkada 2024.

Salah satu Nama yang dielus-elus dan dipastikan berpeluang besar merebut tiket tersebut, adalah Dr Jan Maringka SH MH sosok Akademisi handal yang dikenal memiliki komitmen kuat membangun tanah kelahiran Bumi Nyiur Melambai ini.

Pengamat dan Pemerhati Politik Sulut Prof Ir Kawilarang Warouw Alex Masengi MSc PhD menyebutkan, sosok Dr Jan Maringka SH MH merupakan salah satu figur yang Visioner dan Berkarakter.

“Karena Pemimpin Visioner itu, mampu mengejar peluang untuk bekerjasama dan mengambil bagian dalam proyek yang dapat memperluas pengetahuan, memberikan tantangan berpikir dan mengembangkan imajinasi,” ujar Prof Alex.

“Visionary Leadership menuntut pemimpin memiliki kemampuan dalam menentukan arah masa depan melalui visi,” sambungnya.

Bahkan, menurut Guru Besar Unsrat ini, karakteristik kepemimpinan adalah kepercayaan diri, kemampuan berkomunikasi yang baik, kemampuan untuk mengambil keputusan yang tepat, keberanian dalam mengambil risiko.

Perpaduan sosok Visioner dan Berkarakter menjadikan Pemimpin ideal yang memiliki kemampuan memotivasi dan memimpin tim, kemampuan dalam mengembangkan strategi, kemampuan berinovasi dan peka terhadap hal-hal sekitar.

“Jadi, Dr Jan Maringka termasuk salah satu figur Pemimpin ideal yang cerdas dalam membawa diri yang didukung dengan keunggulan berfikir dan memiliki kepekaan,” sebut Prof Alex.

Semoga figur yang punya pengalaman manajerial mumpuni seperti Dr Jan Maringka SH MH patut diperhitungkan dan diberi kesempatan untuk mengabdikan dirinya membangun Provinsi Sulawesi Utara lebih maju kedepan.

Sementara itu, Jan S Maringka (JSM) adalah salah satu anak bangsa yang secara terus menerus mengabdikan hidupnya kepada Negeri, demi kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakat luas.

JSM seorang jaksa yang berhasil mencapai puncak karier sebagai Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen (Jamintel) pada Kejaksaan Agung RI periode 2017 hingga 2020.

Bahkan, Jan Maringka juga diberikan amanah oleh Presiden Joko Widodo mengabdi di luar instansi Kejaksaan RI sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian 2022-2023.

Karena Jan Maringka sangat dikenal adalah merupakan sosok yang melebur dan memikirkan kebhinekaan.

“Bersyukur merupakan kata kunci dalam hidup saya. Tak pernah sekalipun terpikir saya bisa menapaki karier sebagai jaksa hingga mencapai puncak di saat itu. Apalagi keluarga saya tidak memiliki latar belakang jaksa, ataupun birokrat di Pemerintahan” kalimat ini yang kerap terucap dari seorang Jan Maringka.

Diberbagai kesempatan, JSM pun selalu menyebutkan, bahwa kehadiran Kejaksaan harus dirasakan dimanapun kita ditempatkan, wujudkan Jaksa Sahabat Masyarakat.

Ia juga pernah diberi kepercayaan sebagai Ketua Panitia HBA pada 2018. Dalam rangka itu, maka digelar acara “Doa dan Asa Kejaksaan untuk Indonesia” berupa dzikir akbar dengan tema Membangun Sinergi Menjaga Negeri.

Alhasil, kegiatan ini pun tercatat dalam piagam dari Museum Rekor Indonesia (Muri) karena menjadi acara dzikir secara serentak dengan lokasi dan peserta terbanyak.

Diketahui, Riwayat Jabatan Dr Jan S Maringka SH.MH sebagai berikut :

  • Jaksa di Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat (1991)
  • Kepala Kejaksaan Negeri Tarakan (2003)
  • Atase Kejaksaan Pada KJRI Hong Kong (2005).
  • Kepala Bagian Kerja Sama Hukum Luar Negeri Kejaksaan Agung RI (2008)
  • Kepala Kejaksaan Negeri Serang (2010)
  • Asisten Umum Jaksa Agung RI (2012)
  • Kepala Biro Hukum dan Hubungan Luar Negeri Kejaksaan Agung RI (2014).
  • Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku (2015)
  • Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan (2017)
  • Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian Republik Indonesia (2022-2023).(*jp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *