Kunjungan Apostolik Paus Fransiskus di Indonesia Tiba Rabu Tanggal 3 September 2024, Ini Jadwalnya

ONLINEBRITA.COM, JAKARTA – Paus Fransiskus akan berkeliling Asia Tenggara selama 12 hari pada awal September dan akan tiba di Indonesia pada 3 September 2024. Tujuan Paus Fransiskus adalah untuk menemui warga yang terpinggirkan seperti lansia, anak kecil, dan anak jalanan. Selain itu, Paus Fransiskus akan bertemu dengan pejabat-pejabat penting di negara yang dikunjunginya.

Dia juga akan melakukan pertemuan dengan wakil-wakil pemeluk agama Katolik di setiap negara tersebut. Jakarta menjadi kota pembuka kunjungan apostolik Paus Fransiskus ke Asia. Salah satu agenda Paus Fransiskus adalah penandatanganan dokumen bersejarah yang membahas mengenai isu kemanusiaan, toleransi, dan lingkungan.

Penandatanganan dokumen oleh Paus Fransiskus ini diharapkan menjadi sebuah simbol ditegakkannya toleransi, terutama toleransi beragama di Indonesia, negara dengan penduduk mayoritas Islam. Acara ini akan diselenggarakan di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Lokasinya yang berseberangan dengan Katedral Jakarta menambah unsur simbolik dari toleransi. Simak jadwal lengkap kunjungan Paus Fransiskus ke Jakarta, Indonesia:

JADWAL KUNJUNGAN

Tanggal 3 September 2024 11:30 WIB: Tiba di Bandar Udara Soekarno-Hatta, Cengkareng Jakarta.

Tanggal 4 September 2024 09:30 WIB: Upacara penyambutan di depan Gedung Istana Negara, Jakarta Pusat. 10:00 WIB: Bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Negara. 10:35 WIB: Pidato oleh Paus Fransiskus di depan perwakilan daerah dan pejabat lain di Istana Negara. 11:30 WIB: Pertemuan dengan Jesuit Indonesia di Nunsiatur Apostolik. 17:35 WIB: Bertemu pemuda Katolik di Grha Pemuda.

Tabggal 5 September 2024 09:00 WIB: Pertemuan antar agama dan pidato oleh Paus Fransiskus di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. 10:15 WIB: Bertemu penerima bantuan dari organisasi amal di Konferensi Waligereja Indonesia. 17:00 WIB: Misa di Gelora Bung Karno.

Tabggal 6 September 2024 09:15 WIB: Upacara pelepasan di Bandar Udara Soekarno-Hatta.

PENGALIHAN.LALULINTAS

Tanggal.4 September 2024

a. Lalu lintas dari Selatan (Bundaran HI- Tanah Abang, Kebon Sirih, Budi Kemuliaan) menuju Timur (Stasiun Senen) dapat melalui Jalan Thamrin sisi Barat – Jalan Medan Merdeka Barat sisi Barat – Jalan Majapahit – Jalan Juanda – Jalan Pos – Jalan Gunung Sahari- dst.

b. Lalu lintas dari Timur (Menteng) menuju ke Barat (Tanah Abang) dapat menggunakan Jalan HOS Tjokroaminoto – Jalan Wahid Hasyim – Jalan Mas Mansyur – dst.

Kamis, 5 September 2024 (Masjid Istiqlal)

a. Lalu lintas dari Selatan (Bundaran HI- Tanah Abang, Kebon Sirih, Budi Kemuliaan) menuju Timur (Stasiun Senen) dapat melalui Jalan Thamrin sisi Barat – Jalan Medan Merdeka Barat sisi Barat – Jalan Majapahit – Jalan Juanda – Jalan Pos – Jalan Gunung Sahari- dst.

b. Lalu lintas dari Timur (Menteng) menuju ke Barat (Tanah Abang) dapat menggunakan Jalan HOS Tjokroaminoto – Jalan Wahid Hasyim – Jalan Mas Mansyur – dst.

Kamis, 5 September 2024 (Stadion Gelora Bung Karno)

a. Lalu lintas dari arah Selatan (Cipete) menuju ke Barat (Slipi) atau Utara (Monas) dapat menggunakan Jalan Kyai Maja – Jalan Kebayoran Baru – Jalan Arteri pd Indah berputar di U-Turn depan Gandaria City – Jalan Teuku Nyak Arief – Jalan Tentara Pelajar – dst.

b. Lalu lintas dari Utara (Harmoni) menuju ke Selatan (Blok M) dapat melalui Jalan Medan Merdeka Barat – Jalan Budi Kemuliaan – Jalan Abdul Muis – Jalan Fahrudin – Jalan KH Mas Mansyur – Jalan Penjernihan – Jalan Pejompongan – Jalan Tentara Pelajar – Jalan Teuku Nyak Arief – Jalan Kebayoran Baru – Jalan Kyai Maja – Jalan Panglima Polim – dst.

c. Lalu Lintas dari Timur (Tebet) ke Barat (Slipi) dapat melalui jalan Kapten Tendean – Jalan Woltrer monginsidi – Jalan Trunojoyo – Jalan Kyal Maja – Jalan Kebayoran Baru – Jalan Arteri pd. Indah berputar di depan U-turn Gandaria City – Jalan Teuku Nyak Arief – Jalan Tentara Pelajar – Jalan S Parman – dst.

d. Lalu Lintas dari Barat (Slipi) menuju ke Timur (Tebet) dapat melalui Jalan S Parman – Jalan Pejompongan – Jalan Penjernihan – Jalan RM Margono – Jalan Galunggung Jalan Dr Saharjo.(*)

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *