Sejahterakan Petani, Caroll Senduk Serahkan Bantuan Benih Bibit, Pompa Air dan Alsintan

Foto: Walikota Caroll Senduk temui para Petani di Perkebunan Wawo.

ONLINEBRITA.COM, TOMOHON – Pemerintah Kota Tomohon dibawah kepemimpinan Walikota Caroll J A Senduk SH, patut diacungi jempol.

Pasalnya, dinilai berbagai kalangan CS sangat konsisten terutama perhatiannya terhadap nasib para Petani di Kota Tomohon.

Lihat saja, selama kurun waktu 3 tahun setengah di masa kepemimpinannya, terobosan yang dilakukan ke Pemerintah Pusat memperlihatkan bukti nyata.

Seperti, Rabu (18/09/2024) di Perkebunan Wawo Raya Kelurahan Matani Dua Walikota Caroll Senduk menemui para Petani dalam kegiatan Penyerahan bantuan pinjam pakai Traktor Roda 4, Benih Padi Gogo, Pompa Air kepada sejumlah Kelompok Tani.

“Patutlah kita bersyukur kepada Tuhan, dan berterima kasih kepada pihak Kementerian Pertanian RI yang boleh membantu Kota Tomohon dalam bentuk pengadaan Alsintan (Alat Mesin Pertanian), dan Bibit benih,” kata Walikota CS.

“Ini merupakan bentuk perhatian Pemerintah kepada Para Petani terutama yang ada di Perkebunan Wawo ini,” sambungnya.

Dijelaskan Walikota, dimana perlu untuk diketahui oleh para Petani, bahwa pastinya Pemerintah berpihak kepada para Petani.

“Contohnya, melihat keadaan iklim maka dilakukan pengadaan benih padang di Perkebunan wawo ini, adalah bantuan bibit benih yang cocok dengan cuaca yang ada di dataran tinggi,” ujarnya.

Menurut Walikota CS, bahwa bantuan-bantuan ini adalah bentuk upaya Pemerintah untuk keberhasilan para petani dan untuk mensejahterakan masyarakat Kota Tomohon.

“Semoga pengelolaan lahan yang ada kurang lebih 209 hektar di Perkebunan Wawo ini boleh memproduksi hasil tani yang baik bagi para Petani,” harap Caroll Senduk.

Dimana, bantuan benih Padi Ladang ini akan diberikan gratis kepada para Petani di tempat ini untuk di tumbuh-kembangkan dengan harapan membuahkan hasil maksimal.

Ia mengingatkan kembali agar para Petani jangan kuatir soal masalah Pupuk. Karena lewat Dinas Pertanian dan Perikanan, Pemerintah juga menyediakan bantuan Pupuk Subsidi.

“Semoga di tahun-tahun mendatang Pupuk Subsidi boleh diberikan secara Gratis kepada masyarakat,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dikatakannya bahwa Pemerintah dalam upaya membangun Kota Tomohon, kedepan direncanakan akan membangun tempat pengelolaan air untuk mengatasi masalah kurangnya sumber air di wilayah tempat dataran tinggi Perkebunan Wawo.

“Doakan supaya rencana ini boleh terkabul di tahun depan, karena ini akan menyesuaikan dengan APBD,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Kementrian RI Kuntoro Boga Andri SP MAgr PhD mengucapkan terima kasih kepada Walikota Tomohon yang telah menerima kedatangan BSIP Pusat di Kota Tomohon.

“Dalam kami menjalankan tugas yang diberikan langsung oleh Menteri Pertanian sebagai penanggung jawab pengembangan perluasan area tanam padi di Sulawesi Utara,” sebut Kuntoro.

Ia pun menjelaskan, Kota Tomohon merupakan tempat serta kawasan yang sangat potensial dalam hal Agro Tourism serta beberapa potensi lainnya.

“Kami mohon bantuan dari Pak Walikota Tomohon bersama Dinas Pertanian dan Perikanan untuk boleh mendampingi para Petani dalam pengembangan kawasan Perkebunan di Kota Tomohon,” ucapnya.

Kesempatan itu, Walikota Tomohon bersama Kepala Pusat (BSIP) dan Ketua sementara DPRD Kota Tomohon Ferdinand Mono Turang SSos serta para anggota DPRD turut menyaksikan Penandatanganan Berita Acara Perjanjian pinjam pakai Traktor roda 4 antara Pemerintah Kota Tomohon dengan Koptan Wawo Raya.

Diiikuti, Penyerahan Benih Padi Gogo oleh Walikota Tomohon kepada Kelompok Tani.

Walikota Tomohon juga memeriksa keadaan Traktor yang akan dipinjam pakaikan kepada para Kelompok Tani, mulai dari mesin, Accelerator Pedal serta Tuas Kontrol Hidrolik Traktor.

Selanjutnya, Dialog terjadi antara Walikota Tomohon dan Kepala Pusat BSIP bersama Para Petani Wawo.

Berikut catatan singkat Dialog tersebut,

Walikota Tomohon Caroll Senduk :
“Adakah dari para Petani disini memiliki keluhan tentang pertanian di perkebunan Wawo ini?

Petani, Abraham :
“Sejauh ini produksi benih dalam bertani masih stabil, namun seharusnya hari ini kami sudah bisa menghasilkan benih lagi, tetapi masih di tunda disebabkan kadar air yang masih tinggi.

Kepala Pusat BSIP juga mengatakan, memang hal ini benar karena sesuai riset hasil penelitian.

Petani, Abraham :
“Tahun 1970-an di tempat ini juga pernah ada Padi Ladang namun sudah tidak ada lagi.

Walikota Tomohon CS :
“Kesempatan inilah, kami Pemerintah Kota Tomohon menumbuhkan, membangun, membuat kembali perkebunan yang sudah lama hilang di Wawo ini. Selain untuk kebutuhan Pangan, juga untuk melestarikan sehubungan dengan Agro Tourism yang disebutkan oleh Kepala Pusat (BSIP).

Walikota Tomohon CS :
“Pemerintah akan mendampingi, mengkawal para petani setiap proses hingga penjualan, dan bilamana kurang Pembeli, maka Pemerintah daerah juga siap untuk membeli dari hasil Panen yang ada.

Petani, Stevi Kumowal :
“Terima Kasih yang sebesar-besarnya kepada Walikota Tomohon, karena atas bantuan sehingga kami para Petani tetap semangat dalam bekerja dan akan terus mendoakan Pemerintah dalam menjalankan tugas serta program yang ada.

Kegiatan ini turut dihadiri, oleh Kepala Dinas Pertanian Kota Tomohon Dr Karel Lala, SP Msi, dan Jajaran Pemerintah Kota TŠ¾mohon serta Kelompok Tani Wawo Raya.(*/jp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *