Gelar BKE 2024, Tomohon Sukses Lampaui Target Nasional Soal Prevalensi Stunting

Foto: Walikota Caroll Senduk membuka kegiatan Bangga Kencana Expo (BKE) 2024.

ONLINEBRITA.COM, TOMOHON – Walikota Tomohon Caroll J A Senduk SH bersama Ketua TP-PKK Kota Tomohon drg Jeand’arc Senduk-Karundeng menghadiri sekaligus membuka kegiatan Bangga Kencana Expo (BKE) 2024. di Anugerah Hall Tomohon, Rabu (11/09/2024).

“Kegiatan Bangga Kencana Expo merupakan momentum yang strategis untuk meng-identifikasi permasalahan yang muncul, serta capaian dalam pelaksanaan Program Percepatan Pencegahan dan Penurunan Stunting,” kata Walikota CS mengawali sambutannya.

Ditegaskannya, Bangga Kencana Expo sebagai ajang untuk membangun komitmen dan kesepakatan bersama baik Pengelola dan Pelaksana Program serta mitra kerja program Bangga Kencana dalam upaya memastikan seluruh arah dan kebijakan serta strategi sinergitas Pemerintah maupun stakeholder.

“Memastikan seluruh arah dan kebijakan tersusun, dapat terlaksana efektif dan efisien, sehingga dapat diharapkan rumusan berupa rekomendasi dan solusi yang aplikatif terkait isu-isu dan kendala pelaksanaan Program Bangga Kencana Kota Tomohon,” ujarnya.

Kata Walikota CS, patut disyukuri atas kinerja Pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon dalam Pencegahan dan Penurunan Prevalensi Stunting.

Menurut dia, Study data Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2024 menunjukan prevalensi angka stunting di Sulawesi Utara berada di angka 21,3% mengalami kenaikan 0,8% dari tahun 2022 yakni 20,5%.

“Kota Tomohon menjadi satu-satunya kota dengan konsistensi penurunan prevalensi stunting dibawah 14% yakni dari 13,7% tahun 2022 menjadi 10,5% ditahun 2023,” sebut Walikota pilihan rakyat Kota Sejuk Tomohon ini.

“Artinya, target Nasional penurunan prevalensi stunting 14% tahun 2024 sudah dilampaui oleh Kota Tomohon,” tuturnya.

Hal ini merupakan bukti dari hasil kerja keras semua stakeholder yang ada di Kota Tomohon.

“Saya mengajak kita semua, meskipun kita sudah menurunkan prevalensi stunting diangka 10,5%, mari kita terus tingkatkan sinergitas agar harapan dan cita-cita kita, Kota Tomohon Zero (0%) Stunting dapat terwujud,” harap Walikota Caroll Senduk.

Bahkan, melalui kegiatan Bangga Kencana Expo
marilah kita tingkatkan sinergitas antara Pemerintah dan masyarakat dalam melanjutkan pembangunan Kota tercinta dengan begitu banyak capaian Pembangunan yang ada.

“Bagi generasi muda penerus cita-cita pembangunan kota Tomohon, marilah kita lanjutkan dan tingkatkan kerja sama menuju Kota Tomohon lebih hebat dan lebih maju,” tukasnya.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Daerah Kota Tomohon dan semua yang terlibat dalam kegiatan Bangga Kencana Expo 2024,” ungkap Walikota.

Kesempatan itu, Walikota Tomohon didampingi Ketua TP-PKK Kota Tomohon, membuka Bangga Kencana Expo 2024, ditandai dengan pwmukulan tetengkoren.

Dihadiri oleh, Pendeta Michael Runtu STh, Kepala perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Utara di wakili oleh Ketua Pokja Ketahanan Lansia dan Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Sulut Mourend Jully Lesar SSos, Kadis Pengendalian Penduduk dan KB Daerah Kota Tomohon Mareyke Manengkey SPd, Jajaran Pemerintah Kota Tomohon, dan seluruh peserta Bangga Kencana Expo 2024.(*/jp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *