Efek Domino Kemenangan Prabowo Subianto Poles Duet Paslon SERU Caroll Senduk-Sendy Rumajar

Foto: Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Duet Paslon Caroll Senduk-Sendy Rumajar “SERU”, Komisaris Utama Pertamina Simon Mantiri dan Aktivis Almisbat Benedictus Agus Nugroho.

ONLINEBRITA.COM, TOMOHON – Ketua Partai Gerindra Prabowo Subianto menjadi Presiden Terpilih RI Ke-8, dipastikan membawa dampak langsung “efek domino” pada Pilkada 2024, termasuk di Kota Tomohon.

Menurut Benedictus Agus Nugroho SIP, pengamat Kebijakan Publik Universitas Nasional (UNAS) Jakarta, Sabtu (07/09/2024) di Tomohon mengatakan, hasil Pemilu Presiden menjadi faktor utama bagi beberapa calon kunci daerah untuk meraih dukungan.

“Pada Pilkada serentak nanti sangat menguntungkan bagi Pasangan Calon (Paslon) yang diusung oleh Partai Gerindra,” kata Nugroho.

Sebab menurut dia, lima pekan pasca Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden tanggal 20 Oktober 2024 pasti membuat antusiasme pemilih masih sangat tinggi kepada partai Gerindra.

“Akan terbesit dalam benak pemilih hanyalah Partai Gerindra, euforia kemenangan itu membuat pemilih sulit berpaling kepada calon yang bukan diusung oleh Partai Gerindra. Psikologi massa akan sangat berpengaruh,”terangnya.

Sembari menyebut, kemenangan Prabowo Subianto bakal memoles duet Pasangan Calon (Paslon) Caroll Senduk dan Sendy Rumajar dari Kubu PDI-P dan Paetai Gerindra.

Ia pun tak segan merinci secara detail faktor yang turut mempengaruhi pilihan politik di Pilkada 2024 mendatang.

Kata Nugroho, kemenangan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menjadi Presiden Terpilih merupakan kemenangan mayoritas rakyat Indonesia.

“Kemenangan itu menjadi daya tarik terutama bagi figur Calon Pimpinan Daerah tertentu, dan hal inilah yang menjadikan partai ini sangat seksi hingga menjadi rebutan banyak figur,” ujarnya.

Bahkan, kemenangan Partai Gerindra dipastikan akan mempengaruhi psikologi massa terutama dukungan kemenangan di Pilkada 2024.

“Pesona ini sangatlah menarik dan menjadi peluang besar menjalar ke daerah dalam melakukan Pilkada serentak pada 27 November 2024 mendatang,” ungkap Nugroho.

Lanjutnya, fenomena kemenangan Pilpres sebagai daya tarik dan dipastikan pemilih tidak akan berpikir panjang untuk menentukan pilihan politik kepada figur yang bukan diusung oleh partai Gerindra.

Seperti diketahui, Pelantikan Presiden Terpilih Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka sesuai rencana akan dilantik pada tanggal 20 Oktober 2024.

Sementara, Pilkada serentak akan digelar tanggal 27 November 2024. Itu artinya, lima pekan setelah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden akan dilaksanakanPilkada.

“Pemilih yang menentukan pilihan politik pada pasangan Presiden dan Wakil Presiden masih hangat menjadi perbincangan, euforia kemenangan itu sangat berpengaruh pada pilihan politik di Pilkada nanti,” tuturnya.

Diutarakan pegiat Aliansi Masyarakat Sipil untuk Indonesia Hebat (Almisbat) ini, euforia pemilih atas kemenangan pada akhirnya pandangan dan pilihan politik pemilih hanya akan tertuju pada siapa calon yang diusung oleh partai Gerindra.

Dimana, pada kontestasi Pilkada Tomohon, Ketua Partai Gerindra Sendy G A Rumajar SE MIKom maju sebagai Calon Wakil Walikota Tomohon dampingi Calon Walikota Tomohon “Petahana” Caroll J A Senduk SH.

“Prosentase peluang kemenangan sangat besar bagi Paslon Caroll dan Sendy. Karena Pak Caroll selain sebagai Incumbent, Ia juga ditopang dengan perolehan 15 kursi PDI-Perjuangan di Legislatif,” sebut Nugroho.

Selanjutnya, Srikandi dari Partai Gerindra Sendy Rumajar yang mampu mencetak 3 kursi Legislatif, tampil simpatik sebagai calon kunci kemenangan di Pilkada, terus merias dukungan politik di Wilayah Tou Muung.

“Apalagi kan Ibu Sendy sebagai Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran di Kota Tomohon, dan memenangkan telak secara signifikan. Otomatis para pemilih cenderung menentukan sikap ke CSSR,” analisa Nugroho.

Diakhir percakapan, Ia menyentil soal pengaruh Triple S (Subianto, Simon, Sendy), sebagai Putra-Putri Minahasa-Tomohon. Dimana Simon Mantiri Putra Kamasi-Tomohon menjadi Komisaria Utama Pertamina dan Suami dari Sendy Rumajar Putri Talete-Tomohon adalah orang dekat Ring 1 Prabowo Subianto.(*jop)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *