Pimpin Misa di GBK, Paus Fransiskus : Berkati Indonesia

ONLINEBRITA.COM, JAKARTA – Umat Katolik dari berbagai daerah di Indonesia memadati kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis, 5 September 2024. Sebanyak 85 ribu umat Katolik mengikuti misa atau ibadah yang akan dipimpin oleh Paus Fransiskus.

Paus sempat berkeliling di area Stadion menggunakan mobil Maung produksi PT Pindad sebelum ibadah berlangsung. Paus memasuki stadion sekitar 16.30 WIB.

Seluruh umat Katolik yang ada di dalam stadion beranjak dari kursinya ketika mobil putih terbuka yang ditumpangi Paus tiba. Paus dikawal oleh Garda Swiss atau pasukan pengawal.

“Viva Il Papa, Viva Il Papa,” umat berteriak bersama-sama. Seruan itu berarti “Panjang umur Sri Paus.”

Paus Fransiskus tampak memberkati bayi dan anak-anak. Ia juga menyalami beberapa umat. Mobil yang Jorge Mario Bergoglio, nama Paus Fransisku, tumpangi itu jalan pelan-pelan menuju altar. Sorakan Viva Il Papa berganti lagu Kristus Raja.

Ketika Fransiskus tiba di altar di ujung stadion, lagu yang dinyanyikan paduan suara berganti menjadi Ave Maria. Ave Maria adalah lagu pujian untuk Bunda Maria, ibu Yesus.

Fransiskus memulai misa sekitar pukul 16.30 WIB. Diawali silentium atau ritual berdiam diri sebelum ibadah misa, suasana sorak-sorai di GBK seketika berubah sunyi.

“In nómine Patris, et Fílii, et Spíritus Sancti,” kata Paus membuka ibadah. Kalimat itu berarti dalam nama bap, dan putra, dan roh kudus.

Misa akan berlangsung hingga pukul 18.00 WIB. Paus akan memberi homili atau khotbah soal tugas panggilan umat Katolik guna membangun masyarakat yang lebih adil.

Sebelum misa berlangsung, Paus Fransiskus disambut Presiden Joko Widodo, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Agus Subiyanto dan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.(*/)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *