Tangkal Hoax, Lady Ante: Jangan Beri Panggung Bagi Oknum Yang Mendompleng Keberhasilan

Foto: Pers Konferensi Penghargaan Manggala Karya Kencana Pemerintah Pusat melalui BKKBN.

Onlinebrita.com, Tomohon – Sekretaris BKKBN Provinsi Sulut Lady D Ante SPd MAP tegas mengatakan, pemberian tanda penghormatan dan tanda penghargaan dilakukan dengan cermat dan teliti sesuai mekanisme.

“Jika ada oknum yang mau mendompleng keberhasilan dari Penghargaan Pemerintah Pusat melalui BKKBN, sebaiknya jangan diberi panggung,” ucap Lady dalam Pers Konferensi yang difasilitasi Bagian Prokopim Sekdakot Tomohon, di Lt II Kantor MPP, Rabu (03/07/2024).

Menurutnya, Penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) yang diterima oleh Ketua TP-PKK Kota Tomohon drg Jeand’arc Senduk-Karundeng dari Pemerintah Pusat melalui BKKBN “Tidak Dipungut Biaya Apapun”.

“Jadi, kalau saya baca dari isi berita itu rasanya kurang elok yang disampaikan, karena ada beberapa bagian yang dinilai kurang tepat, dan ini bisa dikategorikan berita bohong,” ketus Lady.

Kesempatan itu, Ia menjelaskan bahwa dalam proses Pemberian Tanda Penghormatan dan Tanda Penghargaan kepada seseorang, kesatuan, institusi Pemerintah atau organisasi yang berhak memenuhi persyaratan dilakukan dengan cermati dan teliti.

Mekanismenya, mengacu pada surat edaran Kepala BKKBN Nomor 8 Tahun 2023, tentang Tatacara Pemberian tanda kehormatan dan tanda bidang Pembangunan Keluarga dan Kependudukan Keluarga Berencana (bangga kencana).

“Selanjutnya perwakilan BKKBN Sulut  menetapkan tim teknis pemberian tanda penghormatan dan penghargaan,” urai Lady Ante.

Tim ini selanjutnya melaksanan tugas verifikasi, validasi dan penilaian secara selektif berdasarkan indikator dan bobot penilaian berdasarkan surat edaran Kepala BKKBN.

“Hasil penilaian dibuat berita acara hasil penilaian dan ditanda tangani oleh seluruh Tim Penilai Provinsi,” Kata dia.

Sembari menambahkan, hasil ini kemudian dikirim kepada Kepala BKKBN pusat via direktorat advokasi dan hubungan antar lembaga deputi bidang ADPIN BKKBN.

“Semua mekanisme sama dan diberlakukan bagi seluruh Kabupaten/Kota,” sambungnya.

“Tidak ada yang  improsedural. Kedepan atau tahun depan Kota Tomohon juga bisa ikutsertakan pada program penghargaan yang lebih tinggi lagi. Karena Pemimpin Tomohon telah berkontribusi positif terhadap kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Hadir, Tim Penilai Tanda Penghargaan Bidang Bangga Kencana Provinsi Sulut, Sekretarid Tim Maurend J Lesar SSos, Anggota Tim Barry J Mamahit SSos dan Ribka Polimpung SKom.

Dihadiri juga, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Daerah Kota Tomohon Mareyke Manengkey SPd, Kadis Kominfo Tomohon Novi Politon SE MM, dan Kepala Bapelitbangda Tomohon Jaqueline Mangulu SP MSi.(*jp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *