Akselerasi Mutu Pendidikan, BPMP Sulut Harap Fokus Penguatan Literasi, Numerasi dan Karakter

Foto: Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Sulawesi Utara, Dr (Cand) Febry H J Dien ST M.Inf Tech (Man)

Onlinebrita.com, Manado – Kepala BPMP Provinsi Sulawesi Utara Dr (Cand) Febry H J Dien ST M.Inf Tech (Man) menyebutkan, bahwa Rapor Pendidikan merupakan hasil Asesmen Nasional yang dikeluarkan oleh Kemendikbudristek RI.

“Jadi, Rapor Pendidikan Daerah seperti Kota Tomohon memperoleh penghargaan tertinggi, itu adalah hasil Asesmen Nasional yang merupakan Program Prioritas Kemendikbudristek,” sebut Febry Dien, Kamis (16/05/2024).

Dijelaskannya, BPMP Sulut sebagai UPT Kemendikbudristek di Provinsi Sulawesi Utara melakukan Pendampingan dan Advokasi bagi Pemerintah Daerah melalui Dinas Pendidikan.

“Kami lakukan untuk melihat capaian Rapor Pendidikan, dan apa saja Program yang direkomendasikan untuk perbaikan atau meningkatkan Mutu Pendidikan di Daerah,” terangnya.

Kata Febry, bahwa Rapor Pendidikan berisi Data hasil Asesmen Nasional berupa capaian Numerasi dan Literasi siswa, Survey karakter, serta Survey lingkungan belajar.

“Rapor Pendidikan dikeluarkan oleh Kemendikbudristek dan di Sulawesi Utara Dashboard nya melalui BPMP Provinsi Sulawesi Utara,” ujarnya.

Sembari menambahkan, data disajikan dengan grafik dan bisa diakses oleh satuan Pendidikan, Pemerintah Daerah, maupun Publik.

“Nah, BPMP Provinsi Sulut akan memantau program prioritas Kemendikbudristek di daerah melalui Dashboard UPT analisis sebelumnya,” tukasnya.

Lanjut dikatakan Febry, Referensi Utama sebagai dasar analisis, perencanaan, dan tindak lanjut peningkatan kualitas Pendidikan. Satu-satunya platform untuk melihat hasil Asesmen Nasional. Sumber data yang objektif dan andal dimana laporan disajikan secara otomatis dan terintegrasi.

“Platform ini adalah inovasi dan penyempurnaan rapor mutu sebelumnya. Rapor Pendidikan juga berfungsi untuk menampilkan survei-survei tentang Pendidikan Nasional, sehingga dapat diakses oleh pemangku kebijakan, pengajar, dan segala pihak yang terlibat dalam pendidikan di Indonesia.

Rapor Pendidikan Indonesia diharapkan dapat menjadi acuan bagi Satuan Pendidikan dan Pemerintah Daerah untuk mengidentifikasi, merefleksi, dan membenahi kualitas Pendidikan secara menyeluruh.

“Penyusunan Rapor Pendidikan dilakukan melalui berbagai Asesmen atau Survei Nasional,” ungkapnya.

Bahkan, hasil berupa Rapor Pendidikan menjadi dasar bagi Pemerintah Daerah untuk melakukan perbaikan – perbaikan melalui perencanaan Kegiatan di Bidang Pendidikan.

Ia berharap, dalam akselerasi mutu Pendidikan fokus pada sistem penguatan Literasi, Numerasi dan Karakter.

“Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) melaksanakan Penjaminan dan Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah, dan Pendidikan Masyarakat di Provinsi,” kuncinya.(*jp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *