Caroll Senduk Siapkan Rumah Perlindungan Korban KDRT, Penelantaran, dan ODGJ

Foto: Walikota Tomohon Resmikan Rumah Perlindungan Masyarakat Cinta Sesama.

Onlinebrita.com – Pemerintah Kota Tomohon menyiapkan fasilitas Rumah Perlindungan Masyarakat (RPM) Cinta Sesama bagi korban KDRT, Penelantaran, dan ODGJ.

Peresmian RPM dilakukan oleh Walikota Tomohon Caroll J A Senduk SH didampingi Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring SE ME, di Kelurahan Tumatangtang Satu, Rabu (08/05/2024).

Sekaligus, acara dirangkaikan dengan kegiatan Penguatan Kapasitas Kelurahan Ramah Perempuan dan Pesuli Anak di Kota Tomohon.

Walikota Tomohon Caroll Senduk dalam arahannya mengatakan, Rumah Perlindungan Cinta Sesama ini diperuntukkan bagi mereka yang sangat membutuhkan tumpangan pertolongan.

Terutama, imbas mereka yang mengalami kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), dan penelantaran bagi Anak dan Perempuan, serta ODGJ.

“Meskipun, angka-angkanya tidak signifikan, tapi yang pasti kita harus sediakan bagi sesama yang membutuhkan pertolongan,” jelasnya.

Contohnya, jika ada ODGJ yang sudah sembuh tetapi tidak diterima lagi di lingkungan keluarga, Pemerintah Kota Tomohon sudah siap menyediakan Rumah Perlindungan Cinta Sesama ini untuk mereka.

Kata Walikota, informasi ini penting sekali untuk para Lurah yang selalu dengan masyarakat. Sebab perlu respon cepat jika ada warga masyarakat yang membutuhkan.

Kita peduli kepada sesama yang berkekurangan, apalagi bagi mereka yang mengalami Kekerasan Dalam Rumah Tangga, baik Anak maupun Perempuan.

“Ini menjadi tugas kita bersama untuk melindungi mereka. Karena itu Pemerintah Kota Tomohon saat ini telah menyediakan tempat bagi mereka yang membutuhkan perhatian dan pertolongan,” sebutnya.

Dihadiri, Ketua TP PKK Kota Tomohon Jeand’Arc Senduk Karundeng, Kepala Dinas P3AD Kota Tomohon dr Olga Karinda MKes, Kepala Dinas Sosial Daerah Kota Tomohon Tomy Lasut SH.

Hadir juga, Kepala Dinas Kesehatan Daerah Kota Tomohon dr John Lumopa, Direktur RS Anugerah Tomohon dr Irene Pandeiroth MKes, seluruh Jajaran Pemerintah Kota Tomohon.(*/jp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *