Solusi Cerdas untuk Efisiensi Kota: Kotamobagu Meluncurkan Aplikasi Manajemen Aset yang Revolusioner

OnlineBrita.Com, Daerah – Pemerintah Kota Kotamobagu menggelar Sosialisasi Pengelolaan Barang Milik Daerah dan meluncurkan dua aplikasi berbasis web yang akan merubah paradigma dalam administrasi publik.

Sekda Kotamobagu, Sofyan Mokoginta, S.H., M.E., membuka acara tersebut dengan penuh semangat, menyoroti dampak positif dari pengelolaan barang milik daerah yang baik.

“Pengelolaan barang milik daerah yang baik, juga dapat berdampak meningkatnya pendapatan daerah dan meningkatnya pelayanan pemerintah daerah kepada masyarakat umum. Oleh karena itu, saya sangat berharap seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan Sosialisasi ini dengan baik, sehingga apa yang disampaikan oleh para narasumber, akan dapat dipahami serta diimplementasikan, khususnya dalam hal Pengelolaan Barang Milik Daerah di lingkungan pemerintah kota Kotamobagu,” ujar Sofyan Mokoginta.

Salah satu poin utama dalam sosialisasi ini adalah peluncuran Aplikasi Sistem Informasi Kendaraan Dinas, atau yang dikenal dengan SiKendis.

Andry Mokoginta, Kepala Bidang Aset Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Pemerintah Kota Kotamobagu, menjelaskan keunggulan aplikasi ini.

“Pada kegiatan tadi dilaksanakan Sosialisasi Pengelolaan Barang Milik Daerah dan Launching Sistem Informasi Kendaraan Dinas atau SiKendis yang merupakan Aplikasi berbasis Web.

SiKendis adalah Inovasi yang digagas oleh kami selaku peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator Tahun 2023.

Dengan hadirnya SiKendis, maka seluruh dokumen administrasi kendaraan, mulai dari BPKB, STNK, berita acara serah terima kendaraan, hingga surat keterangan tanggung jawab mutlak, dapat tersimpan dengan aman dalam aplikasi,” ungkap Andry Mokoginta.

Aplikasi ini tidak hanya menyimpan dokumen administrasi, tetapi juga memberikan informasi detail kendaraan dinas secara real-time.

Mulai dari merk, tipe, jenis, warna, isi silinder, nomor polisi kendaraan, kondisi, dan status kendaraan dapat diakses dengan mudah.

Lebih dari itu, aplikasi ini memudahkan proses pengambilan kebijakan pengamanan kendaraan dinas di Kota Kotamobagu.

Di samping SiKendis, Pemerintah Kota Kotamobagu juga meluncurkan Aplikasi e-SHS, sebuah inovasi untuk mempermudah proses pengusulan Standar Harga Satuan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Andry Mokoginta menjelaskan, “Aplikasi e-SHS memudahkan proses pengusulan standar harga satuan untuk keperluan penyusunan APBD. Selain itu, aplikasi ini juga memudahkan APIP dalam melakukan revisi kewajaran penyusunan standar harga satuan di Kotamobagu.”

Dengan peluncuran kedua aplikasi ini, Pemerintah Kota Kotamobagu menunjukkan komitmen mereka untuk terus meningkatkan efisiensi, transparansi, dan pelayanan kepada masyarakat.

Semoga langkah inovatif ini dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam memanfaatkan teknologi untuk kemajuan administrasi publik.

Turut Hadir Kepala Bidang Aset Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, Melky. W. Matindas, S.E., M.AP., perwakilan UPTD Samsat Kotamobagu, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, serta Aparatur Sipil Negara dilingkungan Pemerintah Kota Kotamobagu. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *