Pj. Wali Kota Beri Isyarat: Rapat Koordinasi Stunting, Wujud Komitmen Kota Kotamobagu

OnlineBrita.Com, Daerah – Pj Wali Kota Dr. Drs. Hi. Asripan Nani., M.Si, membuka Rapat Koordinasi Tim Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Kota Kotamobagu Tahun 2023, Rabu 15 November 2023, bertempat Aula Rumah Dinas Wali Kota

Dalam sambutannya, Wali Kota Asripan Nani menggarisbawahi pentingnya tahun 2045 sebagai “Tahun Emas Indonesia.”

Untuk meraih ambisi ini, Kota Kotamobagu menetapkan target mulia, termasuk menurunkan angka stunting. Wali Kota menegaskan, “Rapat Koordinasi pada hari ini diharapkan dapat menjadi upaya kita bersama dalam rangka menurunkan angka Stunting di Kota Kotamobagu, sehingga sebelum Tahun 2045 Kota Kotamobagu akan bebas Stunting.” ujarnya

Wali Kota juga menekankan perlunya kerja sama yang terkoordinasi untuk mencapai tujuan ini. “Tugas untuk percepatan penurunan Stunting ini harus kita kerjakan bersama-sama dan terkoordinasi,” ujarnya. Harapannya adalah agar Kota Kotamobagu dapat tumbuh dan berkembang dengan anak-anak yang berkualitas, sehat secara spiritual, memiliki pengetahuan yang baik, dan sehat secara fisik.

Ahmad Yani Umar, SE, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB), turut berbicara dalam rapat tersebut. Dia menjelaskan bahwa tujuan dari Rapat Koordinasi ini adalah untuk meningkatkan komitmen dan koordinasi segenap anggota Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS). Upaya ini bertujuan untuk mencapai sinkronisasi pelaksanaan program dan kegiatan percepatan penurunan stunting di tingkat daerah, pemerintah desa, dan pemangku kepentingan lainnya.

Lebih lanjut, Umar menyampaikan bahwa rapat ini juga bertujuan untuk melakukan monitoring dan evaluasi program penanganan stunting di Kota Kotamobagu. Ini melibatkan koordinasi dengan Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa, dan Pemerintah Kelurahan dalam penyelenggaraan intervensi prioritas, termasuk optimalisasi sumber daya, sumber dana, dan pemutakhiran data.

Sebagai langkah konkret, Wali Kota Kotamobagu menyerahkan secara simbolis bantuan paket Bina Keluarga Balita (BKB) berupa edukasi permainan balita kepada 20 Kelurahan/Desa penerima di Kota Kotamobagu. Langkah ini menunjukkan kepedulian pemerintah dalam memberikan dukungan langsung kepada masyarakat dalam rangka menangani stunting.

Dengan kegiatan ini, Kota Kotamobagu memulai langkah konkret dalam mencapai visi bebas stunting sebelum tahun 2045. Rapat Koordinasi menjadi bentuk komitmen nyata untuk menciptakan generasi muda yang sehat dan berkualitas, mendukung visi “Tahun Emas Indonesia.”

Turut Hadir: Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kotamobagu, Ny. Hj. Sitti Fatmah Fitriana Nani Buhang, S.E., serta Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Kotamobagu, Jamaluddin Lamato, S.Pd.I., M.Pd., Ketua Satuan Tugas Stunting Provinsi Sulawesi Utara, Danny Lalamentik, S.E., dan Kepala Dinas PMD Kota Kotamobagu, Drs. Teddy Makalalag, yang juga menjadi Narasumber pada kegiatan tersebut, para pimpinan OPD dilingkungan Pemerintah Kota Kotamobagu, Camat, Lurah dan Sangadi se – Kota Kotamobagu,  para pengurus PKK Kota Kotamobagu, serta Aparatur Sipil Negara dilingkungan Pemerintah Kota Kotamobagu. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *