BPK RI Menjadi Tuan Rumah Lembaga Pemeriksa Sedunia 2028

Onlinebrita.com, Manado – Pertemuan ke- 59 Organisasi Lembaga Pemeriksa se- Asia atau Governing Board Asian Organization Of Supreme Audit Isntitutions (GB ASOSAI) memutuskan BPK RI menjadi tuan rumah berikutya dalam acara Koferensi Internasional Lembaga pemeriksa keuangan sedunia atau International Of Supreme Audit Conference Institutions ( INCOSAI) pada tahun 2028- 2031 mendatang.


Menurut sumber di BPK, pengesahan BPK RI menjadi tuan tersebut, akan disahkan pada pertemuan ASOSAI Asembely ke 16 di India tahun 2024 mendatang.
Kekeutaan BPK RI pada lembaga organisasi pemeriksa sedunia tersebut, merupakan yang pertama sejak INTOSAI didirkan.pada tahun 1953. Dimana INTOSAI merupakan pemeriksa negera negara sedunia otonomon yang independen dan non politis yang bertujuan mendorong tata kelola sektor publik, memperkuat peran lembaga pemeriksa untuk membantu peningkatan kinerja peran pemerintah yang transparan, akuntabel dan kredibel serta memberikan manfaat bagi publik dimasing masing negara.
Saat ini INTOSAI memeiliki 195 negara penuh, 5 rekanan, 2 negara terafiliasi, dan BPK menjadi anggota penuh INTOSAI sejak 1968. Keketuaaan saat ini 202- 2025 dipegang oleh reginal Amerika. Dan keketuaan 2025- 2028 oleh reginal Afrika.(*/js)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *